Persepektif Masa Depan Wanadri

“Tak ada gunung yang tinggi, rimba belantara, jurang curam, lautan serta angkasa yang tak dapat dijelajahi oleh WANADRI”

Wanadri atau “Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri” adalah organisasi kegiatan alam bebas yang berkedudukan di Bandung, Indonesia. Wanadri berdiri pada 1964, dengan tujuan untuk turut membangun Tanah Air, Bangsa, dan Negara Republik Indonesia melalui pendidikan pemuda-pemudi dengan menggunakan media alam bebas sebagai sarana pendidikan.

Penempuhrimba Persepektif Masa Depan Wanadri
Transportasi Sarana Angkut Logistik

Pada dasarnya, Wanadri adalah kumpulan sekelompok orang yang mencintai kehidupan di alam bebas. Organisasi Wanadri dapat dipandang sebagai suatu “Masyarakat Wanadri”— adalah organisasi yang memiliki aturan dan norma yang khas, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang senantiasa berlaku dan dihormati oleh anggotanya.

Secara umum, visi Wanadri adalah menjadi sebuah organisasi pendidikan untuk mendidik manusia, khususnya anggotanya, agar mempunyai nilai-nilai yang terkandung dalam Janji dan Hakikat Wanadri. Tujuannya adalah untuk membentuk seorang manusia yang mandiri, ulet, tabah, pancasilais sejati, dan percaya pada kekuatan diri sendiri.

Dalam menerapkan tujuannya, terdapat empat kegiatan pokok Wanadri yang meliputi: penjelajahan, pendidikan, integrasi dengan masyarakat, dan perlindungan alam.

Penempuhrimba Persepektif Masa Depan Wanadri
Ruang Terbuka dan Panorama

Pengembaraan di gunung, hutan rimba yang lebat, jurang yang dalam, tebing terjal, bergulat dengan arus deras, riam dan jeram di sungai, disadari atau tidak, tentu akan memberi pengaruh pada karakter seseorang. Berbagai rintangan yang dihadapi dalam pengembaraan akan membuat orang menjadi lebih tabah, tidak mudah putus asa. Di tengah kebesaran alam, keindahan dan mungkin keganasannya, seorang Wanadri akan menyadari keagungan Tuhan Sang Pencipta. “Jalan pengembaraan” inilah salah satu cara Wanadri mendidik manusia, khususnya anggota-anggotanya.

Laboratorium alam sebagai Pusat Pelatihan Wanadri diperlukan dalam mengantsipasi perkembangan pendidikan dan kegiatan operasional Wanadri di masa depan. Untuk menjalankan roda organisasi maka diperlukan kantor manajemen yang bisa mendukung beragam strategi operasional pengembangan Wanadri masa depan.

Penempuhrimba Persepektif Masa Depan Wanadri
Sarana Transportasi yang Mumpuni

Pada konteks Pengembangan Masa Depan diperlukan manusia yang mampu merancang strategi,  mempunyai keandalan dan keluwesan dalam mengantsipasi keadaan dan perubahan. Manusia profesional-pelopor yang mampu secara operasional membangun jejaring terpadu antara daerah yang paling tepencil dengan daerah yang paling maju.

Penempuhrimba Persepektif Masa Depan Wanadri
Ruang Meeting

Dibutuhkan manusia Nusantara yang mau dan mampu berekspedisi ilmiah ke tempat – tempat sulit. Dibutuhkan kemampuan penanganan bencana alam yang lebih efektif.

Untuk mengembangkan daya guna Wanadri bagi nusa dan bangsa diperlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadai dengan prespektif tantangan masa depan. Sekretariat Wanadri dimasa depan harus mampu melayani kegiatan anggota dan Operasi Wanadri dalam bidang Pendidikan, Penjelajahan, SAR/Kebencanaan,  Perlindungan Alam dalam skala nasional. Sesuai perkembangannya sekretariat Wanadri harus mampu pula menjadi pusat data dan informasi bagi kepentngan anggota dan masyarakat umum.

Selain mumpuni menjadi pusat koordinasi operasi lapangan dalam skala nasional,  maka berdasarkan berbagai pertimbangan tadi sekretariat Wanadri memiliki kebutuhan fungsional ruangan yang terdiri dari:

Penempuhrimba Persepektif Masa Depan Wanadri
Ruang Makan

Kantor, Ruang rapat, Pusat Informasi Dokumen, Pusat Komunikasi Operasi, Gudang Logistik, Ruang olah-raga, Musholla, Dapur, Ruang rehat dan Fasilitas kelengkapan bangunan lainnya seperti kamar mandi dan area parkir serta ruang terbuka yang bisa digunakan sebagai area berkumpul.

Penempuhrimba Persepektif Masa Depan Wanadri
Transportasi Angkut Segala Medan

Selama 50 tahun berdiri mungkin baru sedikit yang telah WANADRI lakukan namun semua kami lakukan yang terbaik bagi Tanahair.

Sejak berdirinya, WANADRI telah berusaha merints dan mengembangkan kegiatan dalam empat bidang Utama:

  • Pendidikan Karakter melalui kegiatan alam bebas
  • Perjalanan /penjelajahan untuk pengembangan pengetahuan
  • Interaksi Dengan Masyarakat dalam kegiatan alam bebas , membantu upaya SAR dan penanggulangan bencana
  • Upaya Perlindungan dan menjaga Keseimbangan Alam

“WANADRI punya cita-cita, WANADRI punya anggota. Dari pengabdian anggotanya WANADRI dapat hidup, tumbuh dan berkembang, semoga bisa berarti bagi Indonesia.”

Sekretariat : Jln. Aceh No. 155 Bandung 4011, Tel. +62 22 4206440

Perwakilan Jakarta : GOR Soemantri Brojonegoro Jln. H.R. Rasuna Said Kav. C-22 Kuningan – Jakarta 12920, Tel. +6221 5278251

 

logo 2008

Tinggalkan komentar